Ratusan Pelanggan PDAM Nunggak

Sabtu 09-08-2014,19:10 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

  BENTENG, BE - Ratusan pelanggan PDAM Tirta Rafllesia Bengkulu Tengah (Benteng) tercatat telah menunggak bayar pembiayaan pemakaian. Sesuai dengan data dari PDAM, 1700 pelanggan yang ada, sekitar 25 persen belum bayar biaya yang pemakaian rata-rata diatas 2 bulan dan bahkan ada yang 3 bulan. Hal ini disampaikan Kepala PDAM Tirta Rafflesia Benteng, Sudarmin SH kemarin. Dijelaskan Sudarmin, menunggaknya ratusan pelanggan ini sudah diberikan teguran dan ancaman pemutusan jaringan. Mengingat PDAM Benteng baru mau berdiri dan mengembangkan penyaluran, harus diupayakan kondisi kas sehat. “Kalau banyak pembayaran yang macet, dampak buruknya ada pada PDAM, dan lamban untuk maju dan mengembangkan pendistribusian,” terangnya. Sudarmin mengatakan, PDAM Tirta Rafflesia baru diterbitkan peraturan  daerahnya, dari badan layanan umum menjadi salahsatu perusahaan daerah. Untuk meningkatkan status dan pelayanan yang baik pada masyarakat, perlu dukungan penuh dari masyarakat, salah satunya tidak menunggak pembayaran. “Perusahaan daerah namanya, masyarakat di Benteng harus dukung,” katanya. Mengenai pembiayaan tambah Sudarmin, tidak begitu memberatkan pelanggan, dengan besaran tarif 0-10 meter Rp 900, 11-20 meter Rp 1.100, seterusnya Rp 1.250. Pembayaran ditetapkan tiap tanggal 1 sampai dengan tanggal 20. “Pelayanan pembayaran biaya PDAM sudah online, bisa langsung membayar di kasir kantor PDAM, atau melalui jasa pelayanan online,” imbuhnya. Kemudian kata Sudarmin, untuk pengembangan pendistribusian PDAM punya dua program, pertama memasang program subsidi dan reguler. Program subsidi, pelanggan tidak terlalu berat membayar biaya pemasangan, tetapi reguler diatas harga subsidi. Sumber air PDAM Benteng juga terus dikembangkan, sekarang mengutamakan jalur induk PDAM aliran air air Datar Lebar.\" Kita terus meningkatkan pelayanan, namun pelanggan juga harus melakukan kewajibannya,\" pintanya.(111)

Tags :
Kategori :

Terkait