NAPAL PUTIH,BE- Permasalahan soal pencatatan tagihan rekening listrik PLN semestinya segera disikapi oleh PLN Ranting Argamakmur, pasalnya warga Desa Air Lelangi Kecamatan Napal Putih kian gusar sebab tidak ada kejelasan pasti tentang besar tagihan yang harus dibayar. Sementara petugas penagih yang mendatangi rumah-rumah tidak bisa menjawab, saat pelanggan menanyakan bagaimana dasar tarif meteran listrik yang diberlakukan oleh PLN. “Memang warga saya banyak yang bingung menanyakan soal besaran tagihan listrik yang ada,” ungkap Sekdes Air Lelangi, Marno, kemarin (29/11)
Data terhimpun menyebutkan, tagiha listrik menjadi hal yang baru bagi sebagian besar masyarakat. Sebab sejumlah kurang lebih 174 warga baru terpasang KWH meter sekitar 3 bulan yang lalu, dan nomor kontrak KWH baru dikeluarkan pada bulan ini, pun lansung ada tagihan listrik yang jumlahnya membuat bingung para pelanggan baru. Lebih runyam lagi, penagih mendatangi rumah-rumah untuk memungut biaya beban pemakaian meter listrik selama 3 bulan ini, dan saat ditanyakan bagaimana tarif meteran listrik petugaspun bengong tanpa bisa memberikan penjelasan. “Saya sangat jengkel, petugas yang menagih ke rumah tidak bisa menjawab.
Malah terkesan berkilah dan mengatakan tidak tahu, khan sangat lucu masak petugas tidak paham, tahunya hanya mengambil uang saja” lontar Welo (32) jengkel. “Masak rumah saya yang hanya digunakan untuk lampu saja tagihannya lebih besar dan dari pelanggan yang memakai sanyo,TV, Kulkas, ini PLN sangat keterlaluan,” imbuh Wakijan.
Salah satu Anggota DPRD-BU asal Air Lelangi Sonti Bakara saat dikonfirmasi membenarkan perkembangan yang terjadi. Ia menyebutkan sudah banyak warga yang menemuinya menayakan bagaimana kinerja PLN Ranting Argamakmur dalam hal mengurusi tagihan rekening. “Beberapa warga tadi pagi menemui saya dan menanyakan soal itu, mengadu dan mengeluhkan tagihan yang harus mereka bayar sebab mereka belum paham dasar ketentuan yang diberlakukan,” paparnya. “Yang membuat mereka kian bingung kemana mereka harus minta penjelasan, petugas pemungutpun tidak bisa memberikan penjelasan,” lanjutnya.
Pihak PLN Ranting Argamakmur diharapkan memberikan kejelasan soal tariff rekening listrik. “Kita menghimbau agar secepatnya hal ini disikapi oleh pihak PLN, berikanlah kejelasan atau sosialisasi tentang hal ini, agar warga selaku pelanggan merasa nyaman dan merasa tidak dirugikan,” himbau Sonti. (919)