KEPAHIANG, BE - Ratusan guru tingkat Sekolah Dasar (SD) di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kepahiang beberapa waktu terakhir mengikuti seminar implementasi kurikulum 2013. Menariknya, pasca mengikuti seminar tersebut, guru yang merupakan tenaga pendidik dituntut harus mampu untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. Kadis Dikpora Kepahiang, Mansori SH MH mengatakan, kegiatan seminar itu merupakan salah satu program lanjutan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbut) terkait perubahan ke kurikulum 2013. \"Yang mana seminar itu sendiri dalam rangka mempersiapkan tenaga pendidik, khususnya di kabupaten kita ini pada saat menerapkan kurikulum 2013,\" ungkap Mansori. Untuk tahap pertama ini, lanjut Mansori, seminar itu diperuntukkan bagi guru tingkat SD. Selanjutnya tingkat SMP dan SMA pun akan mengikuti hal serupa. \"Pasca diikutinya tahapan ini, maka guru dituntut harus mampu menerapkan kurikulum 2013. Tidak bisa kita pungkiri berbagai persiapan memang harus dilakukan, karena kurikulum yang diterapkan pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,\" kata Mansori. Disinggung apakah Kabupaten Kepahiang sanggup menerapkan kurikulum tersebut, Mansori menegaskan, dirinya optimis penerapan kurikulum 2013 pada tahun ajaran baru 2014 ini akan berjalan. \"Mudah-mudahan saja bisa, terlebih lagi berbagai persiapan tengah kita lakukan. Meskipun demikian kita tetap melihat nantinya ada kebijakan baru atau tidak terkait penerapan kurikulum ini,\" ujar Mansori. Menurutnya, dalam penerapan kurikulum 2013 nanti, guru juga dituntut harus mampu memanfaatkan teknoligi yang ada seperti laptop pada saat membuat bahan ajar. \"Pada kurikulum 2013 inikan sistem KBM sedikit mengalami perubahan, dimana siswa harus lebih aktif ketimbang guru. Guna menumbuhkan hal itu salah satu metode yang digunakan yakni dengan memanfaatkan teknologi,\" tandasnya. (505)
Guru Dituntut Implementasikan Kurikulum 2013
Sabtu 22-02-2014,15:20 WIB
Editor : Rajman Azhar
Kategori :