Pelayanan BPN Kepahiang Dipuji

Rabu 19-02-2014,11:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

KEPAHIANG, BE - Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI Hendarman Supandji memuji pelayanan kantor BPN Kepahiang. Itu disampaikannya saat mengunjungi kantor BPN Kepahiang bersama dengan Staf Khusus Bidang Ekonomi dan Politik, Ir Muhammad Rukhyat Noor MM dan Staff Khusus Bidang Sosial Budaya Drs Hermani Noor MSoc Sc serta pejabat teras lainnya, Selasa (18/2) kemarin. \"Kita sudah memantau langsung pelayanan pada kantor BPN Kepahiang ini, dari pengamatan kita pelayanan sudah berjalan baik. Begitu juga dengan proses administrasi kantornya sudah begitu baik. Hanya saja kita harapkan agar bangunan kantor BPN Kepahiang bisa direhab ulang sehingga pelayanan bisa lebih maksimal lagi,\" ujar Hendarman kepada BE kemarin. Dikatakannya, guna memaksimalkan pelayanan pada kantor BPN Kepahiang, dirinya meminta agar ada efisiensi jumlah tenaga kepegawaian yang ada saat ini. Dengan jumlah tenaga kepegawaian sebanyak 23 orang dan jumlah pelayanan sebanyak 40 rata-rata perharinya, maka dirinya meminta agar dua jabatan kepala seksi (kasi) digabungkan dengan bidang lainnya untuk efisiensi pelayanan. \"Tadi juga kita melihat ada kelebihan tenaga di kantor BPN Kepahiang ini, sehingga dua bagian Kasi kita minta peran nya dimaksimalkan saja,\" jelasnya. Dijelaskannya, menanggapi soal polemik dugaan adanya pungutan atas pembuatan sertifikat Prona yang menimpa BPN Kepahiang beberapa saat yang lalu hal tersebut sama sekali tidak benar. Hanya saja apabila dugaan tersebut bisa dibuktikan, maka pihak yang berwajib silahkan saja menindaklanjutinya. \"Sebenarnya dalam penerbitan sertifikat Prona tidak sepenuhnya gratis, Pemerintah hanya memberikan subsidi saja kepada kepengurusan Prona ini. Sementara untuk biaya materai, biaya patok dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) itu tidak disubsidi. BPN juga dalam kepengurusan Prona ini hanya sebatas melakukan pengukuran saja sedangkan soal subyek dan obyeknya ini seluruhnya diurus oleh kepala daerah dalam hal ini Kades dan Lurah,\" jelasnya. Terpisah, Kakan BPN Kepahiang Ir Krisno Kusdibyo menyampaikan dari pengarahan yang diberikan Kepala BPN RI sangat banyak membantu pihaknya dalam hal pelayanan kepengurusan pertanahan kepada masyarakat Kepahiang. Dalam arahan yang disampaikan Kepala BPN RI juga disampaikan jika BPN akan senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang ingin mendaftarkan tanah ke BPN. \"Kita juga berpesan kepada para warga yang ingin mengurus sertipikat tanahnya agar jangan melalui calo karena pembuatan sertifikat akan mahal,\" jelansya. (505)

Tags :
Kategori :

Terkait